Ungkap Spesifikasi Mesin & Transmisi Suzuki Fronx Terbaru

Ungkap Spesifikasi Mesin & Transmisi Suzuki Fronx Terbaru
Sumber: Detik.com

Suzuki Fronx Resmi Meluncur di Indonesia Akhir Mei 2024: Tiga Varian, Mesin Mild-Hybrid, dan Fitur ADAS

Suzuki siap menghadirkan SUV terbarunya, Fronx, di pasar otomotif Indonesia pada akhir Mei 2024. Kehadiran Fronx diharapkan dapat memperkuat lini produk Suzuki di segmen SUV kompak. Konsumen Tanah Air akan dimanjakan dengan pilihan varian dan fitur yang menarik.

Tiga Varian Suzuki Fronx untuk Pasar Indonesia

Suzuki Fronx akan ditawarkan dalam tiga varian di Indonesia, yaitu GL, GX, dan SGX. Perbedaan utama terletak pada fitur dan pilihan mesin yang disematkan.

Varian GL merupakan varian terendah. Sedangkan Varian SGX merupakan varian tertinggi yang menawarkan fitur paling lengkap.

Perbedaan lain juga terlihat pada desain velg. Varian GL dan GX menggunakan velg two-tone color, sementara SGX menggunakan velg single color.

Pilihan Mesin: K15B dan K15C Mild-Hybrid

Suzuki Fronx di Indonesia menawarkan dua pilihan mesin. Varian GL menggunakan mesin K15B 1.500 cc naturally aspirated (N/A) yang sudah teruji di beberapa model Suzuki lainnya seperti Ertiga, XL7, dan Jimny.

Mesin K15B menghasilkan tenaga maksimal 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 138 Nm pada 4.400 rpm. Pilihan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan (4AT) tersedia untuk varian ini.

Sementara itu, varian GX dan SGX menggunakan mesin K15C 1.500 cc SHVS mild-hybrid yang juga digunakan pada Suzuki Grand Vitara. Mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis 6 percepatan (6AT).

Keunggulan mesin K15C mild-hybrid terletak pada efisiensi bahan bakar yang lebih baik, tenaga yang lebih besar, dan emisi gas buang yang lebih rendah. Transmisi 6AT memberikan sensasi berkendara yang sporty dan dinamis, sekaligus berkontribusi pada penghematan bahan bakar, terutama pada kecepatan tinggi.

Strategi Mesin 1.500 cc untuk Pasar Indonesia

Di beberapa negara, seperti India, Suzuki Fronx tersedia dengan mesin 1.200 cc dan 1.000 cc turbo. Namun, Suzuki memilih untuk menawarkan mesin 1.500 cc non-hybrid dan mild-hybrid di Indonesia.

Keputusan ini diambil setelah pertimbangan matang dari tim Suzuki Motor Corporation (SMC). Mesin berkapasitas lebih besar dinilai lebih sesuai dengan kondisi jalan dan kebutuhan berkendara di Indonesia.

Menurut Chief Engineer Automobile Line B&C segment Div. Product Planning Suzuki Motor Corporation (SMC), Yuji Morita, mesin 1.500 cc memberikan akselerasi yang lebih maksimal dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibandingkan mesin berkapasitas lebih kecil.

Selain mesin dan transmisi, Suzuki Fronx juga dibekali dengan fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) pada varian tertingginya. Fitur ini meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Dengan berbagai pilihan varian dan fitur yang ditawarkan, Suzuki Fronx siap bersaing di segmen SUV kompak di Indonesia. Kombinasi mesin yang handal, fitur modern, dan desain yang menarik diharapkan dapat memikat para konsumen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *